Kamis, 26 November 2009

Waspada Untuk Pecinta Makanan Siap Saji

Jadi pertimbangkan lagi jika tetap ingin mengonsumsi burger, kentang goreng dan minuman ringan bersoda, meski itu ditambahi salad atau jus jeruk.

"Satu porsi makanan siap saji sudah mengganggu fungsi endotel," ujar kepala peneliti, Dr. Tanja K. Rudolph, University Hospital Hamburg-Eppendorf, Germany, kepada Reuters Health.

Fungsi endotel merupakan alat ukur aktivitas sel-sel endotel yang melapisi bagian dalam pembuluh darah. Sel-sel ini mengontrol aliran darah dengan mengatur pelebaran pembuluh darah.


Rusaknya fungsi endotel, yang diduga sebagai pertanda penyakit kardiovaskular, dapat menuntun pada terjadinya tekanan darah tinggi atau aterosklerosis, dimana arteri tertumpuk oleh plak yang meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Rudolph dan koleganya mengukur fungsi endotel awal dan pertanda penyakit kardiovaskular lainnya pada 24 sukarelawan yang dinyatakan sehat (usia rata-rata 32 tahun) yang diikuti tanpa diet khusus atau suplemen tertentu.

Ke-14 wanita dan 10 laki-laki kemudian mengonsumsi satu dari tiga makanan siap saji yang tersedia selama satu minggu, makanan berbeda di minggu kedua dan makanan terakhir pada minggu ketiga.

Makanan tersebut terdiri dari beef burger, kentang goreng, saos sambal dan minuman karbonasi rasa jeruk; sebuah burger untuk vegetarian, kentang goreng, saos sambal dan minuman bersoda rasa jeruk; atau sebuah burger khusus vegetarian plus salad, buah-buahan, yogurt, dan jus jeruk, demikian menurut penelitian yang dilaporkan di The American Journal of Clinical Nutrition, edisi Agustus 2007.

Tak disangka, para peneliti mendapati bahwa fungsi endotel terkena dampak buruknya dalam dua hingga empat jam setelah mengonsumsi salah satu dari tiga jenis makanan siap saji tersebut, dimana tidak ada perbedaan statistik bermakna dari ketiganya. Lebih lanjut, ketiga makanan tersebut berdampak negatif pada sistem kardiovaskular seperti halnya 'makanan sampah' lainnya.

"Saat merencanakan kajian ini, hipotesis kami adalah apakah komponen sehat seperti jus jeruk atau salad bisa mencegah kerusakan sistem endotel," ujar Rudolph,"Tapi nyatanya hal itu tidak terlihat."

"Anda tidak bisa mencegah dampak yang membahayakan dari makanan siap saji terhadap sistem vaskular jika hanya menambahkan komponen sehat saja," simpul Rudolph.


Mulai sekarang kurangi konsumsi makanan siap saji, demi kesehatan juga kan...

0 komentar:

Posting Komentar

 

Counter

Friends Banner

Labels

Friends

Tukeran Link Yuck

Luvly's Blog


Blog Archive