Sabtu, 05 Desember 2009

Cara Tepat Mengatasi Nyeri Haid

Rasa yang tidak nyaman ini disebabkan karena kontraksi otot perut yang sangat intens saat mengeluarkan darah haid. Kontraksi yang sangat intens ini kemudian menyebabkan otot menegang. Ketegangan otot ini tidak hanya terjadi pada otot perut, tetapi juga otot-otot penunjang otot perut yang terdapat di bagian; punggung bawah, pinggang, panggul, paha hingga betis.


Cara instan mengatasi nyeri yang bisa mengganggu kegiatan ini adalah mengonsumsi obat pereda nyeri haid. Umumnya jenis obat ini mengandung analgesik (pereda nyeri) dan antipiretik (pereda demam) dengan dosis rata-rata, dan dibuat sesuai izin Departemen Kesehatan RI. Jenis obat ini memiliki khasiat 2 - 4 jam setelah dikonsumsi, dan tidak disarankan untuk mengonsumsi lebih dari 8 pil per hari. Asalkan dikonsumsi sesuai aturan, tidak akan mengganggu kesehatan.



Namun, ada cara alternatif yang bisa membuatmu merasa lebih nyaman saat nyeri haid menyerang :


  • Lakukan kompresan panas pada bagian yang terasa sakit. Suhu panas diketahui bisa meminimalkan ketegangan otot. Akibatnya setelah otot relaks, rasa nyeri pun akan berangsur hilang. Jika mungkin, cobalah berendam dalam air hangat yang diberi tetesan aromaterapi agar otot di seluruh tubuh menjadi relaks.
  • Lakukan pijatan lembut pada bagian tubuh yang terasa pegal, sakit atau tegang.
  • Hindari mengenakan pakaian yang ketat menjelang atau selama haid.

2 komentar:

Unknown on 7 Desember 2009 pukul 23.12 mengatakan...

adik ku suka nyeri jika datang bulan...mudah2an ini bisa mengatasi nyeri haid adik ku itu

Dhevi on 14 Desember 2009 pukul 19.06 mengatakan...

@Willyo : terima kasih atas kunjungannya... syukurlah klo tips2 yg ada d artikelku ini bs ngebantu...

Posting Komentar

 

Counter

Friends Banner

Labels

Friends

Tukeran Link Yuck

Luvly's Blog


Blog Archive